kaki palsu atas lutut

kaki palsu atas lutut

Above knee prosthesis ( kaki palsu atas lutut )

kaki palsu atas lutut

Prosthesis adalah alat ganti gerak tubuh yang hilang karena amputasi atau kurang sejak lahir. Above knee prosthesis adalah alat ganti gerak tubuh berupa kaki palsu atas lutut yang diindikasikan untuk amputasi level bawah lutut atau kurang sejak lahir.

Beberapa penyebab amputasi dilakukan antara lain :

  • Trauma : kecelakaan, terjatuh, dll
  • Penyakit : kanker, diabetes, dll
  • Conginental : kecacatan sejak lahir

Pada dasarnya dalam pembuatan prostheses bertujuan sama, yaitu meningkatkan kualitas hidup dengan memanfaatkan semaksimal mungkin sisa tubuh terbaik. Begitu juga halnya dengan tujuan pembuatan kaki palsu atas lutut.

Pada pelaksanaan amputasi ahli bedah akan menyisakan bagian tubuh terbaik, seperti otot dan tulang yang masih berfungsi dengan baik. Hal ini ditujukan agar dapat memberikan control terbaik terhadap prosthesis yang akan digunakan, sehingga pasien dapat beraktifitas lebih mudah dengan tetap merasa nyaman.

Beberapa komponen kaki palsu atas lutut, antara lain :

  • Komponen paha

Paha yang dibuat pada kaki palsu atas lutut mengambil ukuran dari stump atau ukuran paha kaki normal. Panjang paha yang diukur hingga lutut disesuaikan dengan kaki normal agar didapat keseimbangan.

  • Sendi lutut

Sendi lutut pada kaki palsu atas lutut dibuat dengan fungsi gerak yang dapat ditekuk seperti lutut sebenarnya. Sendi lutut juga berfungsi memberikan control ayunan kaki ketika berjalan. Sendi lutut menjadi tumpuan berat tubuh ketika membungkuk.

  • Komponen betis

Komponen betis pada kaki palsu atas lutut merupakan penyangga prosthesis dengan ukuran yang disesuaikan dengan betis pada kaki normal. Terbuat dari bahan polyesteresin, polyetilen, atau alumunium. Untuk komponen betis juga dapat menggunakan tipe endoskeletal ( penyangga tidak merupakan kosmesis ) atau tipe eksoskeletal ( cosmesis merupakan penyangga ).

Telapak kaki merupakan bagian kaki yang menjadi tumpuan terakhir berat tubuh dan mendistribusikan tubuh dengan tanah. komponen telapak kaki pada kaki palsu atas lutut dapat dibuat dengan bahan karet yang mudah didapatkan.

Socket merupakan bagian yang sangat penting dari prosthesis. Socket sebagai tumpuan stump harus didesain sesuai dan senyaman mungkin agar tidak menimbulkan masalah atau rasa sakit pada stump. Ukuran socket diambil dari pengukuran stump ( panjang, bentuk, dan kondisi stump )

  • Suspense

Suspense merupakan bagian prosthesis kaki palsu atas lutut yang sangat mempengaruhi control terhadap prosthesis. Suspense yang menghubungkan prosthesis dengan tubuh sehingga harus sangat sesuai dan memastikan prosthesis stabil.

Spesifikasi kaki palsu atas lutut adalah :

  • Komponen local
  • Telapak kaki local
  • Socket polyesteresin
  • Suspension kulit
  • Finishing vynil

Dengan menggunakan prosthesis kaki palsu atas lutut kualitas hidup meningkat, beraktifitas lebih mudah, dan tampilan membuat lebih percaya diri. Kaki palsu dibuat sesuai level amputasi.

untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami ( jl. Kendalisodo 31, josenan – MADIUN – Jawa Timur ), untuk informasi selengkapnya silahkan menghubungi kontak kami 085 780 000 084 / 081 329 259 419

One thought on “kaki palsu atas lutut”

Komentar ditutup.